EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOR MENGGUNAKAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN (KOOR REMAJA & PEMUDA HKBP SIMANUNGKALIT RESSORT SIPOHOLON I)

Penulis

  • Manaek Simanungkalit STGH HKBP

Kata Kunci:

Efektifitas Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran, Koor, Remaja & Pemuda, Learning Effectiveness, Learning Planning, Choir, Adolescents & Youth

Abstrak

Menjadi seorang guru merupakan panggilan mulia dari Tuhan. Dalam menjalankan tugasnya, guru senantiasa mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang dijadikan acuan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini berdasarkan pengamatan penulis, guru atau pengajar koor di gereja juga menjadi sangat penting dalam tugasnya menggunakan perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap muatan pembelajaran dan dirancang dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada standar isi. Perencanaan pembelajaran ini pada umumnya memuat pokok materi, tujuan umum, tujuan khusus, metode, media, dan evaluasi pembelajaran.

Dalam penelitian ini, perencanaan pembelajaran efektif digunakan dalam latihan koor. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa indikator, seperti: penggunaan waktu yang tepat, hasil yang dicapai juga menjadi lebih maksimal, minat mengikuti organisasi koor semakin bertambah, dan lain sebagainya. Dengan demikian penelitian ini menjadi sangat bermanfaat bagi pelayan gereja khususnya pengajar koor untuk dapat mempersiapkan perencanaan pembelajaran.

Becoming a teacher is a noble calling from God. In carrying out their duties, teachers always prepare learning plans which are used as references in the learning process. In this case, based on the author's observations, teachers or choir instructors in churches are also very important in their duties using lesson planning. Learning planning is the preparation of learning implementation plans for each learning content and is designed in the form of a syllabus and learning implementation plan (RPP) which refers to content standards. This learning plan generally contains subject matter, general objectives, specific objectives, methods, media, and learning evaluation.

In this research, effective learning planning is used in choir practice. This is shown by several indicators, such as: Using the right time, achieving maximum results, increasing interest in joining a choir organization, and so on. Thus, this research is very useful for church ministers, especially choir teachers, to be able to always prepare lesson plans.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-15